Entri Populer

Total Tayangan Halaman

Kamis, 15 Januari 2009

KISAH NYATA TENTANG PELAJARAN SEMANGHAT HIDUP

NAMANYA WASIRAH
(Kisah nyata pelajaran tentang semangat hidup)

Dia bukan siap-siapa, dia hanyalah seorang wanita desa biasa . Yang membuat dia menjadi luar biasa menurut ku adalah bagaiman dia mempunyai semangat hidup yang begitu kuat.

Cerita mengharukan ini berawal ketika dia di vonis oleh Dokter menderita Gagal ginjal akut sehingga harus menjalani perawatan cuci darah. Setelah sekian lama menjalani perawatan dan menghabiskan banyak biaya ahirnya dia sampai pada keadaan kritis, baik menyangkut biaya maupun penyakitnya.
Keluarga sekuat tenaga sudah berusaha membantu, namun karena keterbatasan biaya Pada ahirnya juga hanya bisa pasrah. Dengan kondisi seperti itu wasirah dihadapkan pada pilihan sulit. Disatu sisi dia ingin tetap hidup, di sisi lain dia tidak bisa menuntut terlalu banyak kepada keluarga yang selama ini sudah banyak membantu.

Pada sebuah titik wasirah menghadapi penyakitnya sendirian. Dia harus melakukan perwatan cuci darah 2 kali seminggu, untuk biaya cuci darah dia menggunakan ASESKIN (Asuransi kesehatan untuk keluarga miskin ) namun ada biaya lain yang cukup besar ( menurut ukuran dia) karena jarak dari Rumah dia ke Rumah sakit lumayan jauh ( kurang lebih 40 km ) . Biaya transportasi yang dibutuhkan Jika menggunakan mobil carteran minimal Rp. 150.000 sekali berangkat ( padahal dia melakukanya 2 kali seminggu) Dengan kondisi demikian wasirah mengambil keputusan akan melakukan perjalan ke rumah sakit dengan menggunakan angkutan umum.

Tidak terbayang dia melakukan perjalanan itu, jarak 40 km ke rumah sakit adalah perjalanan yang melelahkan untuk orang sehat sekalipun , karena harus mengalami 3 kali ganti angkutan. Sering dia melakukan perjalanan sendirian karena jika mengajak teman maka biaya akan bertambah. Menahan sakit di perjalanan dan hampir tak sadarkan diri adalah hal yang biasa dia alami, namun semangat untuk sembuh dari penyakitnya membuat dia kuat melakukannya secara rutin 2 minggu sekali selama berbula-bulan.

Setelah subuh Jumat kemarin……. Terdengan suara pengumuman di Masjid tempat ku………. Mengabarkan tentang meningalnya Wasirah……

Inanlilahiwainailai hi ro’jiun…….
Selamat jalan Wasirah……….
Selamat jalan Wanita perkasa…..
Semoga deritamu kini terbalas kebahagiaan di Sisi Nya …..
Engkau adalah pahlawan bagi dirimu sendiri dan inspirasi bagi setiap orang….
Tentang bagaiman menghargai hidup…………

Tidak ada komentar: