Entri Populer

Total Tayangan Halaman

Rabu, 25 Februari 2009

TAK SEKEDAR MALAM

Kenapa Tuhan semesta alam raya ini menciptakan malam? Jawabnya mudah. Karena Beliau tahu segala kelemahan kita sebagai manusia. Manusia pasti memiliki rasa lelah, penat, dan letih. Tidak bisa dipungkiri bahwa superman itu tidaklah ada. Semua manusia di muka bumi ini apapun jabatannya, berapapun kekayaannya, pasti mmebutuhkan istirahat.


Sederhana memang. Tapi terkadang manusia terlalu sombong untuk mengakui kelemahannya. Terlalu ujub membanggakan kekuatan dirinya. Manusia seringkali merasa bahwa derajatnya di atas manusia yang lain, sehingga terjadilah anarkisme, kanibalisme, dan kapitalisme. Manusia memakan manusia. Seolah-olah merekalah penguasa dunia. Padahal seandainya Tuhan Yang Maha Agung memberikan “sedikit” peringatan, pastilah manusia itu tidak akan mampu menerimanya.

Itulah fungsinya malam. Malam adalah momen refleksi buat kita, manusia. Malam adalah saat memuhasabahi -mengevaluasi- kinerja kita selama satu hari. Apakah kita ini masih menjadi manusia yang berbudi? Ataukah kita ini ternyata hanyalah sampah? Tidak berguna bagi siapapun? Masihkah layak kita ini disebut manusia?

Malam, dengan segala keindahannya meyiratkan sebuah petunjuk bagi manusia untuk selalu memahami, bahwa kelemahan dan kekurangan adalah mutlak dimiliki. Tidak ada Superman di dunia ini. Tidak ada seorangpun yang memiliki kesempurnaan di seluruh penjuru bumi ini. Malam telah berbicara kepada kita umat manusia, untuk selalu memperbaki diri setiap saat. Menjadi manusia yang produktif, dan bermanfaat bagi ummat

sumber : http://ahmadyusufismail.wordpress.com.

Tidak ada komentar: