Entri Populer

Total Tayangan Halaman

Minggu, 30 Agustus 2009

PUASA ITU MADRASAH

MANUSIA diciptakan ke muka bumi ini tidak lain untuk beribadah kepada Allah SWT. Namun, manusia harus mengetahui fungsi dan peranan ibadah itu sendiri. Bila tidak mengerti, ibadah itu akan dianggap sebagai beban, bukan sebagai kebutuhan.


”Ramadan itu merupakan madrasahnya muslimin. Saat sekolah, manusia harus mampu menunjukkan prestasinya agar naik kelas. Begitu juga pada bulan puasa,” tutur Syeh Soleh Muhammad Basalamah, Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes.

Menurut dia, dalam Ramadan ada proses pembelajaran yang dilakukan secara tertata, dengan jam pelajaran yang telah ditentukan. Contoh kecil ketika belum baligh, ibadah puasa hanya sekadar menahan haus dan lapar. Setelah dewasa, tentu harus ditambah dengan amalan-amalan soleh.

Tahun lalu, dalam satu Ramadan hanya hatam Alquran sekali, maka tahun ini harusnya hatam Alquran dua kali, dan seterusnya. Bagi orang dewasa harus ditambah sadaqah.

”Nilai-nilai ibadah itu, akan diganjar positif ataupun negatif langsung oleh ’sang guru agung’, Allah SWT. Sebagai pribadi muslim, harus introspeksi diri di setiap Ramadan,” ujarnya.
Bertambah Ilmu Menurut dia, di bulan Ramadan setiap muslim diharapkan bisa bertambah ilmunya. Sekarang sedang duduk di kelas berapa, maka ilmu dan amalnya harus diseimbangkan.

Ibarat menanam pohon, bertambah tahun maka akan semakin tumbuh, berbuah dan panen. ”Ketika kita mencapai derajat taqwa, maka kita dikategorikan sebagai hamba yang berhak panen, fitrah di Hari Raya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pada dasarnya Allah SWT tidak butuh ibadah manusia. Allah SWT hanya memberi rambu-rambu alias petunjuk. Manusia beribadah, tidak lain agar hidupnya bisa berubah dalam segala aspek. Beberapa ayat menjelaskan, bila shalat maka akan dijauhkan dari sifat nahi dan mungkar. Bila shadaqah maka akan ditambah rezekinya dan bila puasa maka akan ditingkatkan derajat taqwanya. (Bayu Setiawan-61)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/



Tidak ada komentar: